Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Pendidikan Anak Berhasil, 8 Fitrah ini Harus Dikembangkan



Setiap anak yang terlahir dibekali Allah swt dengan fitrah. Fitrah merupakan unsur yang menyatu erat dengan konsep pendidikan berbasis Al-quran dan As-sunnah. Dalam pandangan islam, inti pendidikan adalah mengantarkan manusia pada fitrah hidupnya sehingga mampu menjalankan peran peradaban terbaik. Fitrah tidaklah diajarkan, melainkan sesuatu yang dibangkitkan dari dalam diri anak. Fitrah yang berkembang dengan baik merupakan modal utama keberhasilan pendidikan. Seorang pakar pendidikan berbasis fitrah, Harry Santosa mengungkapkan terdapat 8 fitrah manusia yang harus ditumbuhkan, diantaranya :

Fitrah Keimanan                                                                                   

Semua anak di dunia ini terlahir dengan potensi fitrah keimanan. Dalam jiwanya tersemai rasa cinta pada Tuhan dan kebenaran. Fitrah keimanan ditumbuhkan secara optimal ketika anak berusia 0-6 tahun. Pudar serta hilangnya nikmat cinta pada Tuhan dan kebenaran merupakan dampak dari proses pendidikan yang menjauhkan anak dari fitrah.  

Fitrah Belajar dan Bernalar         

Secara fitrah anak-anak mencintai belajar. Mereka adalah pembelajar tangguh. Tidak senang belajar hanyalah dampak dari fitrah belajar yang terkubur. Masa emas untuk mengembangkan fitrah belajar anak ada pada usia 7-10 tahun.

Fitrah Bakat dan Kepemimpinan

Setiap anak hadir di dunia dengan membawa sifat unik dan potensi produktif. Hal ini akan menjadi panggilan hidup yang menuntunnya pada peran terbaik suatu peradaban. Masa pengembangan fitrah bakat dan kepemimpinan pada anak adalah pada rentang usia 10-14 tahun.

Fitrah Perkembangan

Ada sunnatullah dalam tahap perkembangan manusia. Masing-masing tahapan perkembangan memiliki masa emas untuk fitrah tertentu. Ditinjau secara umum, fitrah perkembangan manusia terbagi menjadi beberapa tahapan usia, diantaranya 0-2 tahun, 2-6 tahun (pralatih), 7-10 tahun (pre aqil baligh awal), 10-14 tahun (pre aqil baligh akhir), dan diatas 15 tahun (post aqil baligh).

Fitrah Seksualitas dan Cinta

Setiap bayi yang terlahir ditakdirkan berjenis kelamin. Hanya ada dua jenis kelamin di dunia ini; pertama laki-laki, dan kedua perempuan. Jenis kelamin akan berkembang menjadi peran seksualitas. Bayi perempuan akan tumbuh dan berkembang menjadi perempuan yang memiliki peran kewanitaan dan keibuan sejati. Bayi laki-laki akan bertumbuh dan berkembang memerankan sosok laki-laki dan ayah sejati.

Fitrah Estetika dan Bahasa

Dalam jiwa anak tersemai rasa keindahan. Ekspresi keindahan dapat diungkapkan melalui seni, bahasa, sastra, arsitektur dan berbagai hal lainnya. Keindahan itu sendiri bertingkat, yang dimulai dari keindahan inderawi, imaji, nalar, lalu ruhani yang muaranya berujung pada Allah swt. Kemampuan berbahasa juga dihidupkan pada akal dan jiwa anak. Bahasa menjadi alat ekspresi keindahan yang diungkapkan melalui bahasa ibu.

Fitrah Individualitas dan Sosialitas

Setiap manusia merupakan makhluk individu sekaligus sosial yang memiliki keterkaitan dan ketergantungan dengan sekitar. Fitrah individualitas akan tumbuh secara utuh pada usia di bawah 7 tahun. Pada masa itu anak belum memiliki tanggung jawab moral dan sosial. Sedangkan fitrah sosialitas akan mulai berkembang saat anak menginjak usia 7 tahun. Fitrah ini akan menghantarkannya pada kebutuhan interaksi sosial dengan sekitar.

Fitrah Jasmani (Fisik dan Indera)

Setiap anak yang terlahir di dunia senang bergerak aktif. Mereka senang berinteraksi dengan alam dan kehidupan. Setiap anak menyukai makanan yang sehat. Setiap anak senang dengan hal-hal yang memberi kebahagiaan dan ketenangan.

 

Posting Komentar untuk "Agar Pendidikan Anak Berhasil, 8 Fitrah ini Harus Dikembangkan"